Jumat, 05 Juni 2020

Harga Emas Naik karena Pembelian “Bargain-Hunting”

Rifan Financindo || Harga emas naik solid pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Kamis kemarin, setelah aksi jual yang tajam pada hari Rabu bertemu dengan pembelian  “bargain – hunting”. Melemahnya pasar saham juga mendukung metal yang “safe-haven”. Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $14.50 per ons pada $1,719.00.


Data klaim pengangguran mingguan AS menunjukkan angka 1.88 juta yang adalah sesuai dengan yang diperkirakan. Laporan employment nasional ADP AS untuk bulan Mei muncul mengejutkan dengan kehilangan pekerjaan hanya 2,7 juta sementara diperkirakan sebesar dibawah 9 juta.

ECB mengumumkan pertambahan dana terhadap Pandemic Emergency Purchase Program (PEPP) senilai €600 sehingga sekarang mencapai €1.35 triliun. ECB membawa program pembelian obligasi mencapai €1.3 triliun ini dalam usaha untuk membantu negara-negara anggota untuk membangun kembali ekonominya setelah dihantam pandemik coronavirus.

Pasar saham global bervariasi menuju ke penurunan dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, setelah sempat menyentuh ketinggian selama 3 bulan pada hari Rabu.

Hal penting diluar pasar metal kemarin adalah naiknya indeks dolar AS pada awal perdagangan karena koreksi naik setelah mencapai kerendahan selama 11 minggu pada hari Rabu.

Rifan Financindo || Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,725.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,738.90 dan kemudian $1,761.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan $1,700.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,690.30 dan kemudian $1,668.40. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar