Rabu, 16 Desember 2020

Harga Emas Naik, Pasar Fokus Fed & Perkembangan Vaksin

 Rifan Financindo ||  Harga emas turun pada Rabu (16/12) pagi di tengah kemajuan peluncuran vaksin mendorong harapan kebangkitan cepat perekonomian dan investor terus mencermati pembahasan stimulus dan pernyataan kebijakan Federal Reserve.Harga emas berjangka naik 0,31% di $1.861,00 per ons pukul 11.07 WIB menurut data Investing.com dan XAU/USD naik 0,22% di $1.857,53.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) melonjak Rp11.000 dari Rp951.000 pada Rabu menjadi Rp962.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 08.26 WIB.Mengutip laporan Reuters Rabu (16/12) pagi, vaksin covid-19 Moderna Inc. tampaknya mendapat izin peraturan di Amerika Serikat minggu ini sehingga peluncuran vaksin yang baru disetujui di negara itu juga bertambah. Di seberang Atlantik, warga Eropa akan mulai mendapatkan suntikan vaksin virus sebelum tahun baru setelah regulator obat regional mempercepat proses persetujuannya.

Para pemimpin utama Kongres AS setuju untuk bertemu lagi pada Selasa malam setempat setelah putaran awal pembicaraan, untuk mencoba menyelesaikan RUU pendanaan pemerintah dan mengakhiri kebuntuan terkait dana bantuan virus, kata para ajudannya.

Rifan Financindo || Federal Reserve AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol dan memberi sinyal ke mana arah suku bunga di tahun-tahun mendatang pada pertemuan kebijakan terakhir tahun ini. Pernyataan kebijakan The Fed akan diumumkan pada pukul 1900 GMT. Banyak analis juga mengharapkan panduan baru tentang berapa lama Fed akan mempertahankan program pembelian obligasi besar-besaran.Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar